What i learned here

Hi guys… Jadi ini adalah minggu terakhir gue Kerja Praktik di NoLimitID, berasa baru kemaren awkward jadi anak baru…

Dan sekarang, gue mau sharing apa aja sih yang gue pelajarin disini (note : hal-hal teknis semacam kodingan ndak akan gue tulis, masuk TOR)

  1. “Jam kerja start-up tuh sama kayak jam kerja consultant.” – Kak diska, mentornya tika dan faiz. Buat jam kerja consultant, mari mengintip duo accenture Stefan dan Endy. Setelah gue lihat ini bener banget, dengan orang yang mungkin sedikit, struggle mengerjakan proyek supaya dapet pemasukan. Mentor gue aja saat sakit bisa ngoding di kasurnya.
  2. Multi-disiplin mata kuliah is a must. Seperti yang pernah gue bilang, disini gue ngoding android yang nyambung ke server nolimit, fb, twitter, dan beberapa situs lainnya. OOP? Iya, Progin? Bisa jadi. JarKom? Pasti. IMK? Iya. RPL? Iya buat desain awal dan dokumen pembangunan teknis. dsb, jadi makin luas pengetahuan makin bagus.
  3. Fast learner is better, pengetahuan kan luas, bisa jadi nggak dalam, terus gimana? Ya harus bisa menjadi fast learner yang belajar sebentar, bisa nangkep pola-pola dan ngerti.
  4. Google is friend, so does stackoverflow etc. Ini udah nggak perlu penjelasan lanjut lah ya.
  5. User Interface/User Experience is in high priority now. Let’s face it, dalam aplikasi bukan game, gue ambil contoh mobile, yang membuat user milih suatu aplikasi pasti mostly UI/UX nya, secara dalam satu kategori (misal reminder atau schedule manager) fiturnya mirip-mirip. Kalau nggak punya ide yang bombastis banget, you better think what UX is best for your apps.
  6. Better have 5/6 (incomplete) modules perfectly finished than 6/6 modules finished with bugs. Kalau masih kurang modul tinggal ditambah, kalau ada bugnya susah cari bugnya lagi.
  7. Interface is important, memudahkan komunikasi jelas, dalam kasus gue gue menggunakan algoritma di server pake api gitu jadi memudahkan.
  8. Kalau lagi sakit jangan kebanyakan minum obat yang menyebabkan kantuk pas sahur. Ini curhatan gue aja sih jadi kesiangan soalnya.

Well, that’s all yang gue pelajarin, mungkin bakal nambah…

See you 🙂

———

Dimas Angga

13510046

One thought on “What i learned here

Leave a comment